Senin, 18 Mei 2015

DEFINISI SINGKAT Seputar UNI EROPA | Tau Lebih




UNI EROPA
Selama berabad-abad, negara-negara Eropa selalu saling bertempur. Namun sejak perang dunia terakhir, mereka mencoba menciptakan cara hidup bersama yang baru, dalam perdamaian.
Tinggal di benua yang sama
Sebutan orang Eropa ditujukan bagi semua orang, laki-laki atau perempuan yang tinggal di Eropa – benua kecil yang terbentang dari samudra atlantik sampai pegunungan ural sejak berabad-abad yang lalu. Benua kecil ini juga merupakan daerah yang paling banyak penduduknya, dan tempat negara-negara yang kaya dan paling maju didunia.
Kisah peperangan dan pertemuan
Sepanjang sejarah, penduduk Eropa selalu menjadi warga dari negara-negara yang berbeda, kerajaan-kerajaan yang berbeda, dan membuat perbatasan-perbatasan. Mereka juga berbicara dengan bahasa yang berbeda, memiliki agama berbeda, dan patuh pada hukum yang berbeda. Dalam kurun waktu ini, antarnegara yang ingin berkembang atau bertambah kaya sering terjadi perang. Eropa mendominasi dunia melalui para penjelajah dan tentara yang dikirim mengelilingi dunia. Pada akhirnya, persaingan antar negara di Eropa kembali membawa perang, dan kali ini melibatkan dunia yang telah terjelajahi.
Sebuah komunitas untuk persatuan
Setelah perang dunia usai, kepala negara dari enam negara di Eropa berkumpul mencari cara untuk menjamin perdamaian. Enam negara ini, Prancis, Jerman, Italia, Belgia, Belanda dan Luksemburg, membuat sebuah kounitas. Neegara-negara ini berjanji untuk hidup damai, saling bertukar kekayaan dengan warga negara mereka berkeliling dari negara satu ke negara lainya. Mereka juga menandatangani sebuah pakta yang berisi persetujuan untuk saling melindungi dan melawan perang. Saat ini Uni Eropa memiliki anggota 50 negara berdaulat, 7 daerah dependensi dan otonom, 4 negara dengan pengakuan terbatas dan 2 negara yang tidak diakui.
Berbeda saling berhubungan

Ada banyak sekali perbedaan diantara 742, 5 juta penduduk (tahun 2013) yang hidup di eropa. Mereka berbicara lebih dari 20 bahasa, serta memiliki budaya dan  sejarah yang berbeda. Meskipun demikian, mereka juga memiliki banyak kesamaan. Mereka memiliki beberapa undang-undang yang sama, mereka dapat bepergian dari satu negara ke negara lain dengan mudah, menggunakan mata uang yang sama dan juga memiliki hak yang sama, mereka memilih dan menunjuk para perwakilan Eropa.  Uni Eropa berhasil membuat negara-negara di Eropa yang sering terjadi perang, hidup dalam damai dengan waktu yang lama. Mereka membuat demokrasi menggantikan semua diktator di benua ini.  Ada juga yang berharap suatu hari benua ini menjadi satu negara saja.

0 komentar:

Posting Komentar