Senin, 11 Mei 2015

Pengukuran | IPA FISIKA



Pengukuran | IPA FISIKA

Jarak adalah angka yang menunjukan seberapa jauh suatu benda berubah posisi melalui suatu lintasan tertentu. Dalam fisika atau dalam pengertian sehari-hari, jarak dapat berupa estimasi jarak fisik dari dua buah posisi berdasarkan kriteria tertentu (misalnya jarak tempuh antaraJakarta-Surabaya).
Mengidentifikasi Besaran-besaran Fisika
Pengukuaran adalah kegiatan membandingkan suatu besaran yang diukur dengan menggunakan alat ukur sebagai satuan.  Mmisalnya, kita melakukan kegiatan pengukuran panjang meja dengan pensil. Dalam kegiatan tersebut kita membandingkan panjang meja dengan panjang pensil. Panjang pensil yang kita gunakan adalah sebagai satuan. Sesuatu yang dapat diukur dan dapat dinyatakan dengan angkka disebut besaran, sedangkan pembanding dalam suatu pengukuran disebut satuan.
Jadi dapat disimpulkan bahwa besaran adalah sesuatu yang dapat diukur dan dapat dinyatakan dengan angka-angka.
Nilai suatu besaran diperoleh melalui pengukuran. Pengukuran dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu pengukuran secara langsung dan tidak langsung. Besaran-besaran yang satuanya sudah ditentukan disebut besaran pokok. Adapun besaran yang satuanya didapat melalui penurunan atau penjabaran besaran pokok disebut besaran turunan.
Besaran Pokok
Untuk menyatakan nilai suatu besaran diperlukan satuan. Karena nilainya hanya dapat di peroleh melalui pengukuran secara langsung, satuan besaran pokok harus ditetapkan terlebih dahulu. Misalnya:
·         Untuk menyatakan nilai besaran panjang dapat digunakan satuan panjang seperti meter, yard, depa, jengkal, kaki, dan inci.
·         Untuk menyatakan nilai besaran waktu dapat digunakan satuan waktu seperti detik, menit, jam, jam, hari, windu dan tahun.
·         Untuk menyatakan nilai besaran suhu dapat digunakan satuan seperti K, C, F dan R.
Besaran pokok adalah besaran yang satuanya telah ditetapkan terlebih dahulu dan tidak diturunkan dari besaran lain. Ada tujuh besaran pokok dalam Satuan Internasional yaitu panjang, massa, suhu, kuat arus, jumlah molekul dan intensiatas cahaya.
Tabel tujuh besaran pokok
No
Besaran Pokok
Keterangan
Satuan
Lambang Satuan
1
Panjang
Panjang dari suatu benda
Meter
m
2
Massa
Jumlah materi dalam benda
Kilogram
Kg
3
Waktu
Lama atau selang waktu
Sekon
S
4
Suhu
Derajat panas dingin suatu benda
Kelvin
K
5
Kuat Arus
Jumlah muatan listrik yang mengalir.
Amper
A
6
Intensitas Cahaya
Daya pancaran cahaya per luas
Candela
Cd
7
Jumlah zat
Jumlah partikel dalam benda
Mol
Mol

 Besarn Turunan
Besaran turunan adalah besaran yang satuanya diturunkan dari besaran pokok atau besaran yang di daptat dari penggabungan besaran-besaran pokok. Contoh besarn tu runan adalah berat, luas, volum, kecepatan, percepatan, masa jenis, berat jenis, gaya, usaha, daya, tekanan, energi kinetik, eneergi potensial, momentum, impuls, momen inersia dan lainlain. Selain tujuh besaran pokok yang disebutkan diatas, lainya merupakan besaran turunan. Besaan turunan selengkapnya akan di pelajari pada masing-masing pokok bahasan dalam pelajaran fisika.
Untuk lebih memperjelas pengertian besaran turunan, perhatikan beberapa besaran turunan yang satuanya diturunkan darri satuan besaran pokok berikut ini.
Luas                 = panjang x lebar
                        = besaran panjang x besaran panjang
                        = m x m
                        = m2
Volume           = panjang x lebar x tinggi
                        = besaran panjangx besaran panjang x besaran panjang
                        = m x m x m
                        = m3
Kecepatan      = jarak/waktu
                        = besaran panjang/besaraan waktu
                        = m/s
Tabel besaran turunan
No.
Besarn
Satuan
singkatan
1
Kecepatan
Meter per sekon
m/s
2
Percepatan
Meter per sekon kuadrat
m/s2
3
Luas
Meter kuadrat
m2
4
Volumme
Meter kubik
m3
5
Jarak di bagi waaktu
Newto (kiligram meter per sekon kuadrat)
Kgm/s2


0 komentar:

Posting Komentar