Jumat, 22 Mei 2015

JAMES WATT Penemu yang mengembangkan Mesin Uap | Tau Lebih


JAMES WATT Penemu yang mengembangkan Mesin Uap



James Watt adalah penemu yang mengembangkan mesin uap dan jua merupakan tokoh kunci Revolusi Industri. Mesin uap sangat bermanfaat karena mencakup berbagai bidang kehidupan seperti kapal laut, lokomotif dan pembangkit listrik. Namun sebenarnya sebelum James Watt menemukan mesin uap, sudah ada beberapa nama yang telah terlebih dahulu membuat mesin uap yaitu Hero dari Iskandariah pada awal tahun masehi, Thomas Savery pada tahun 1686, dan Thomas Newcomen pada tahun 1712.
James Wat lahir pada tanggal 19 januari 1736 di Greenock, suatu kota pelabuhan laut di Firth Clyde, Skotlandia. Ayahnya adalah pemiik kapal dan kontraktor, sedangkan ibunya, Agnes Muirhead, datang dari keluarga terhormat dan berpendidikan. Watt lebih banyak mendapat pendidikan dirumah oleh ibunyya daripada di sekolah. Walaupun demikian, Watt menunjukan ketangkasan yang luar biasa dan bakat untuk ilmu pasti seperti matematika.
Tahun 1755, tepatnya pada saat Watt berusia 18 tahun, ibunyameninggal dan kesehatan ayahnya perlahan-lahan mulai merosot. Kemudian Watt melakukan perjalanan ke London untuk belajar mengenai pembuatan peralatan listrik selama satu tahun.selanjutnya ia kembali ke Skotllandia dengan tujuan membuat sendiri bisnnis pembuatan peralatan listriknya. Pada tahum 1757, Watt diangkat sebaai pembuat peralatan mesin di Universitas Glasgow.
Tahun 1764, seseorang yang bernama Thomas Newcomen meminta Watt untuk memperbaiki mesin uap buatanya. Mesin uap itu masih banyak kelemahan dan cara kerjanya juga masih tidak efisien. Sejak saat itu Watt menjsdi tertsrik dengan mesin uap dan terus mengembangkan cara terbaik untuk mengefesienkan mesin tersebut. Banyak sekali penyempurnaan-penyempurnaan yang dilakukaan Watt terhadap mesin buatan Thomas Newcomen itu, sehinga pada tahun 1765, Wat berhasil membuat sebuah model mesin uap yang dapat bekerja dengan baik.
Penemuan James Watt tersebut  kemudian dipatenkan pada tahun 1769. Oleh sebab itu orang-orang mengenal James Watt sebagai penemu mesin uap yang lebih sempurna. Mesin ini semakin berkembang dari tahun ketahun. Pada tahun 1781, Watt juga menemukan seperaangkat gerigi untuk mengubah gerak balik mesin sehingga menjadi gerak berputar. Alat ini meningkat secara besar-besaran penggunaan mesin uap pada waktu itu. kemudian tahun 1782, mesin uap baru buatan Watt mulai digunakan.
Disamping bermanfaat untuk tenaga pada pabrik, mesin uap juga mempunyai peranan besar dibidang lainya. Di tahun 1783, marquis de jouffroy di abbans berhasil menggunakan mesin uap untuk penggerakan kapal. Di tahun1804, Richard Trevithick menciptakan lokomotif uap pertama.

Pada tahun 1788, Watt juga berhasil menciptakan pengontrol gaya gerak melingkar otomatis, yang menyebabkan kecepatan mesin dapat secara otomatis di awasi. Watt juga menciptakan alat pengukur bertekanan pada tahun 1790, alat penghitung kecepatan, alat petunjuk dan pengontrol uap sebagai tambahan perbaikan lain-lain peralatan.

0 komentar:

Posting Komentar